Selasa, 27 Oktober 2015

artikel tentang madura

Madura
Madura adalah pulau kecil yang terbagi dalam empat kabupaten. Diantaranya kab. Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan. Disetiap kabupaten memiliki keistimewaan tersendiri. Seperti halnya didesa Burneh Kab. Bangkalan yang digegerkan dengan ditemukannya sebuah bentuk wajah yang sedang menangis yang terletak dibatu kapur. Tidak hanya hal itu saja, masih banyak lagi keanehan dan keunikan-keunikan yang berada di pulau garam ini. Di setiap kabupaten juga memiliki semboyan tersendiri. Seperti halnya Sumenep yang merupakan kabupaten paling timur terkenal dengan ciri khas Keraton, Pamekasan terkenal dengan Arek lancor, Sampang terkenal dengan sebutan Bahari, dan satu lagi kabupaten yang berbatasan dengan Surabaya yakni kabupaten Bangkalan yang terkenal dengan Jembatan Suramadu. Wah…, ternyata Madura bukan hanya pulau seribu budaya akan tetapi juga memilki keestetikaan alam disetiap daerah.
Ada hal menarik lain dari madura yakni budaya kerapan sapi yang terus diminati oleh masyarakat madura hingga madura terkenal dengan budaya kerapan sapi sampai ke penjuru negri. Secara syariat, kerapan sapi memang dilarang karena kita tahu kerapan sapi terdapat unsur yang di larang oleh agama yaitu menyiksa hewan. Tapi, para pembaca  tidak usah khawatir. Karena sekarang telah disediakan media untuk mengerap sapi tanpa menyakiti binatang tersebut. Contohnya saja dikabupaten Bangkalan telah menggelar kerapan sapi tanpa menyiksa hewan tersebut terlebih dahulu.
Sebenarnya masih banyak hal yang belum terungkap dipulau madura ini. Tidak hanya itu saja, are’-are’ madura juga banyak yang meraih prestasi sampai ke mancanegara. Contohnya kita pasti tak asing lagi dengan Andi seorang siswa dari SMAN 1 pamekasan yang berhasil meraih olimpiade Fisika ditingkat internasional. Hingga sekarang dia telah menempuh gelar Doktornya di salah satu perguruan tinggi di Australia. Hingga dia dijuluki sebagai Doktor termuda abad ini. Kita juga pasti tahu tentang Zawawi Imron seorang sastrawan asal Pamekasan. Buku-buku beliau telah banyak diedarkan di negri dan merupakan salah seorang yang berpengaruh di negri ini. 
Kita juga bisa menjumpai banyak tempat-tempat wisata yang bisa memanjakan diri kita. For example pantai wisata Camplong yang memiliki pantai dan hotel yang unik.
Para pembaca semestinya dapat berbangga hati menjadi penghuni pulau yang kaya akan garam ini. Pulau madura memiliki keunikan tersendiri yang semestinya kita harus bisa mempertahankan dan menjaganya. Tak ada maksud mengunggulkan ataupun menomor satukan pulau sendiri akan tetapi ini fakta yang benar-benar ada di madura.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar