Selasa, 27 Oktober 2015

artikel Islam di Madura

Islam di Madura
Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah swt. Yang diturunkan melalui nabi Muhammad SAW. Kepada seluruh umat manusia. Al-qur’an dan hadist menjadi sumber rujukan hukum atau tingkah laku umat manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Indonesia adalah Negara yang mayoritas penduduknya beragama islam tetapi masih  banyak dijumpai dibelahan dunia, masyarakat indonesia yang tidak memeluk agama islam. Hal ini terbukti di pulau Dewata Bali masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak beragama islam. Hal ini dikarenakan Indonesia menganut toleransi tinggi. dalam kebebasan memeluk agama. Agama islam sendiri sebenarnya bukanlah agama yang lebih dulu datang dan menyentuh Indonesia. Agama islam masuk ke Indonesia dengan beberapa cara. Salah satunya dengan jalur perdagangan. Mudahnya penyebaran agama islam menyebabkan islam sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.
  Madura contohnya, adalah salah satu pulau yang terkenal dengan penduduk terbanyak memeluk  agama islam di indonesia. Madurapun juga terkenal dengan kentalnya aliran-aliran syariat islam.  Banyak terdapat tokoh ulama’ yang terkenal dengan kewaliannya yang berada di Madura.Madura yangma biasa disebut juga pulau garam masih banyak yang menggenggam tradisi masyarakat-masyarakat sebelum mereka yang telah diyakini dan berakar kuat dalam diri masyarakat Madura. Masyarakat Madurapun sangat mempercayai terhadap para kyai yang dianggap menjadi sebuah sumber kebaikan.
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang sangat tinggi kedudukannya bagi mayoritas masyarakat Madura yang harus dipatuhi yang dipercaya akan memberikan barokah apabila ia mematuhi segala perintahnya. Sedangkan sebutan Ratoh dikenal sebagai sosok yang memerintah/pemerintah karena dalam al-qur’an sudah jelas menyebutkan bahwa “patuhilah allah dan patuhilah rasulnya dan patuhilah pemerintah kalian”. Banyak dari masyarakat Madura yang sudah mulai tersentuh akan datangnya modernisasi yang sedemikian rupa baik dari kalangan perkotaan sampai ke pelosok desa yang sudah banyak memfungsikan ala-alat modern dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikhawatirkan akan berakibat pada terkikisnya moral yang sudah berakar kuat sejak dulu.

Uang adalah nilai tukar sebuah barang yang sangat berkuasa pada zaman sekarang ini dan masih banyak lagi dari masyarakat Madura yang tergiur akan kenikmatan sesaat, dan banyak dari mereka yang membuka mata mereka untuk mencari hal tersebut sampai mereka meninggalkan daerah asli mereka sendiri 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar