Rabu, 11 November 2015

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya - Novel sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang suka membaca. Banyak cerita didalamnya yang inspiratif, bacaannya yang ringan, asyik dan menambah wawasan, sehingga novel banyak digemari oleh sebagian orang. Bahkan novel banyak dijadikan sebagai bacaan terfaforit bagi semua kalangan. Novel berbeda dengan cerpen, meskipun sama-sama bentuk prosa, namun novel tidaklah cerita yang hanya beberapa lembar saja seperti cerpen, akan tetapi cerita yang panjang dan dikhususkan menjadi satu buku yang didesain dengan cover sesuai isi novel tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu novel dan apa saja unsur-unsur didalam novel, mari kita simak penjelasannya berikut ini. 

Pengertian Novel

Novel ialah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dan biasanya ditulis dalam bentuk cerita. Kata novel berasal dari bahasa Italia yaitu "novella" yang artinya sebuah kisah atau sepotong cerita. Penulis novel disebut dengan novelis. Isi novel lebih panjang dan lebih kompleks dari isi cerpen, serta tidak ada batasan struktural dan sajak. Pada umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dalam kehidupan sehari-hari beserta semua sifat, watak dan tabiatnya.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Banyak para ahli dibidang sastra yang mengungkapkan pendapatnya tentang pengertian novel. Para ahli tersebut diantaranya: 

  1. Drs. Jakob Sumardjo
    Novel ialah suatu bentuk sastra yang sangat populer di dunia. Bentuk sastra yang satu ini paling banyak beredar dan dicetak, karena daya komunitasnya yang sangat luas da lam masyarakat.
  2. Drs. Rostamaji,M.Pd dan Agus Priantoro, S.Pd
    Novel merupakan sebuah karya sastra yang memiliki dua unsur, yaitu: intrinsik dan ekstrinsik yang mana keduanya saling berkaitan karena saling berpengaruh dalam sebuah karya sastra.
  3. Paulus Tukam, S.Pd
    Novel ialah  sebuah karya sastra yang berbentuk prosa dan mempunyai unsur-unsur intrinsik didalamnya.
  4. Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M.Pd, Dra. Abdul Roni, M. Pd
    Menurut pendapat mereka, novel merupakan suatu bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan moral.
Dapat kita simpulkan bahwa novel merupakan suatu karangan prosa yang didalamnya berisi rangkaian cerita yang menonjolkan sifat dan watak para pelakunya. Atau novel adalah salah satu bentuk dari karya sastra yang merupakan cerita fiksi dalam bentuk kata-kata atau tulisan yang mempunyai unsur instrinsik dan ekstrinsik. Adapun unsur-unsur didalam novel yaitu : 
  1. Unsur Intrinsik
    Merupakan unsur yang membangun sebuah karya atau karangan novel dari dalam yang akan mewujudkan struktur karya sastra, seperti : tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, sudut pandang, gaya bahasa yang digunakan dan amanat.
  2. Unsur Ekstrinsik
    Merupakan unsur yang membangun dari luar sebuah karya sastra (novel), seperti pada aspek ekonomi penulis, budayanya, agama, latar belakang penulis, pendidikan penulis, dls.
Adapun karakteristik sebuah novel populer antara lain, yaitu:
  • Memiliki plot atau alur cerita. Berbagai peristiwa yang terdapat dalam novel saling behubungan sehingga novel dapat bercerita, membahas suatu persoalan secara luas dan lebih mendalam. 
  • Tema dalam sebuah novel tidak hanya satu, tetapi muncul tema-tema lainnya. Sehingga pengarang novel dapat membahas dari berbagai segi persoalan atau permasalahan. 
  • Banyak karakter tokoh yang bisa digunakan dalam novel. 
Demikian penjelasan mengenai Pengertian Novel Menurut Para Ahli Dan Unsur Unsurnya, semoga bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan buat para pembaca. Kunjungi juga artikel berkaitan tentang Jenis-Jenis Novel Dan Contohnya. Sekian terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar