Rabu, 11 November 2015

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Lengkap - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Investasi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya.Pengertian Investasi merupakan sebuah bentuk pengeluaran sejumlah modal yang bertujuan untuk melakukan pembelian suatu aset fisik berupa mesin, peralatan, pabrik, property atau persedian. Adapun pengertian lain dari Investasi yaitu sebuah komitmen atas sumber daya atau dana lainnya yang ada pada saat sekarang, yang mempunyai tujuan bisa mendatangkan sejumlah keuntungan di masa yang akan datang. Dalam suatu analisis di bidang ekonomi, istilah dari investasi tesebut khususnya bisa dihubungkan dengan investasi fisik yang mana investasi fisik tersebut mampu menciptakan aset baru yang dapat meningkatkan kredibilitas produksi suatu negara, sementara sebuah investasi keuangan hanya mampu memindahkan kepemilikan yang ada dari perorangan atau sebuah lembaga kepada orang lain.

Istilah dari investasi dapat berkaitan dengan bermacam-macam kegiatan. Menginvestasikan dana pada aset fisik (real) seperti mesin, tanah, emas dan obligasi ataupun aset finansial seperti saham, obligasi, deposito merupakan bentuk kegiatan investasi yang pada umumnya sering dilakukan. Bagi seorang investor yang smart dan mau menanggung resiko, kegiatan investasi yang mereka kerjakan juga dapat mencakup semua investasi pada aset finansial yang lainnya yang lebih tinggi seperti option, warrants, futures maupun equitas Internasional.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi investasi
    Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Lengkap
  • Tingkat Pengembalian yang DiharapkanKondisi atau keadaan eksternal dan internal sebuah perusahaan amat mempengaruhi faktor ini. Kondisi internal merupakan suatu tingkat efisiensi pada sebuah proses produksi & distribusi, kualitas sumber daya yang ada, maupun kualitas teknologi yang dipakai. Sedangkan kondisi eksternal ialah sebuah perkiraan tingkat suatu produksi, perkembangan ekonomi domestik maupun internasional & kebijakan dari pemerintah.
  • Tingkat BungaFaktor penting yang menentukan sejumlah biaya investasi ialah tingkat bunga pinjaman. Jika bunga pinjaman semakin tinggi maka biaya investasinya juga semakin mahal.
  • Iklim Usaha yang KondusifSuatu kebijakan dari pemerintah pusat maupun daerah setempat yang mendukung iklim investasi mampu membuat minat investor tertarik. Contohnya adalah suatu daerah yang memberikan kemudahan untuk memberikan izin usaha, perbaikan suatu infrastruktur dan lain sebagainya.
  • Peluang PasarSebuah keputusan investasi harus memiliki peluang pasar, jika tidak maka tidak akan ada keuntungan. Jika semakin besar peluang pasar bagi hasil produksi maka semakin besar keuntungan bagi investasi tersebut.
  • Ketersediaan Faktor-Faktor ProduksiJika berbicara mengenai produksi, maka tidak lepas dari faktor produksi yang digunakan. Segala macam bentuk ketersediaan faktor yang berpengaruh dalam peningkatan produksi banyak dan mudah didapat membuat banyak minat untuk berinvestasi. Sebagai contoh jika ada seuatu tempat mempunyai keindahan yang sangat luar biasa, kondisi alam yang bagus, sumber daya yang berpotensi, maka banyak para investor yang ingin menginvestasikan sejumlah uangnya pada tempat tersebut.
  • Terjaminnya Keamanan dan Stabilitas PolitikSuatu daerah harus aman dan tentram jika ingin para investor menginvestasikan uangnya pada tempat tersebut, karena jika suatu tempat atau daerah sering terjadi keributan atau rusuh itu akan mengurangi minat investor. Para pelaku investasi tidak akan mau mengambil resiko yang tinggi yang dapat menimbulkan kerugian padanya jika tempat investasi tersebut tidak mempunyai stabilitas politik yang baik.
Itulah pembahasan mengenai Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Lengkap yang bisa dipahami agar kita lebih teliti dalam berinvestasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar