Pengertian Manajemen Pemasaran Dan Fungsinya Secara Jelas
Pengertian manajemen pemasaran dan fungsinya –
 Manajemen pemasaran jika kita perhatikan kata tersebut berasal dari dua
 kata yang pertama kata “manajemen” dan yang kedua kata “pemasaran”, 
jadi pengertian manajemen pemasaran berasal dari gabungan dua 
pengertian. Kata manajemen sering di definisikan sebagai sebuah proses 
rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling
 (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target atau tujuan yang 
telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran yaitu suatu kegiatan
 didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai ekonomi, 
nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting 
dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan 
konsumsi. Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi 
dan konsumsi.
Jadi yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling
 (pengawasan) atau mengandalikan kegiatan pemasaran dalam suatu 
perusahaan supaya dapat tercapainya target atau tujuan perusahaan secara
 lebih efesien dan efektif. Itulah definisi manajemen pemasaran secara 
umum, lalu fungsi manajemen pemasaran sendiri seperti 
meliputi riset pembeli atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi 
dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan 
pemberian pelayanan pada konsumen. Tentunya semua kegiatan ini 
dilakuakan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
Apa itu manajemen pemasaran?
Inilah beberapa pengertian atau definisi manajemen pemasaran menurut para ahli
- Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) – Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.
 - Lalu menurut, Philip Kotler/Armstrong (2002 : 14) – Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
 
Berikut ini unsur dalam manajemen pemasaran
Terdapat 3 (tiga) unsur yang penting dalam manajemen pemasaran diantaranya sebagai berikut:
1. Orientasi pada konsumen atau pembeli
Umumnya produsen menghasilkan produk 
untuk upaya memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, dengan tujuan 
untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi paling utama yang
 harus di pertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi bisnis. 
Demikian juga dalam proses marketing atau penjualan, maka dalam bisnis 
selalu mengedepankan pihak konsumen yang merupakan strategi dari bagian 
konsep pemasaran yang perlu di perhatikan. Sebab konsumen bisa di bilang
 sebagai raja, dan pihak produsen atau perusahaan adalah pelayan yang 
harus melayani kebutuhan raja (konsumen) yaitu dengan berbagai macam 
tawaran yang menarik, baik itu dari segi produk yang dihasilkan maupun 
dari segi pelayanan yang di sediakan. Manajemen pemasaran menyetujui 
konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan konsumen sebagai 
prioritas yang paling utama.
2. Perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh
Manajemen pemasaran menyetujui adanya 
pengaturan secara dinamis sebagi bentuk penyusunan kegiatan-kegiatan 
dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam bidang 
pemasaran, strategi, implementasi, penganalisaan, controlling 
(pegawasan) dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran harus
 dilakukan secara tersusun, dan diatur secara rinci atau detail dan 
jelas, sehingga bisa mempermudah dalam proses pelaksanaan dan contolling
 (pengawasan). Manajemen pemasaran menyetujui suatu upaya yang 
sistematis yang jelas sehingga dapat dilakukan penganalisaan dan controlling
 (pengawasan) terhadap hasil yang di dapat. Evaluasi terhadap suatu 
manajemen pemasaran salah satunya juga di dasarkan atas kegiatan 
penyusunan secara menyeluruh tersebut.
3. Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen menjadi unsur yang 
penting juga yang harus di perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran.
 Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui adanya hasil keputusan 
para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses pemasaran yang 
berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari 
bagaimana kualiats produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana 
cara maupun starategi pemasaran yang dijalankan.
Dan beberapa tugas manajer dalam manajemen pemasaran
Dalam hal ini manajer memiliki banyak 
pekerjaan yang bisa di lihat dari segi fungsi manajemen yang dijalankan 
di bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut di 
jalankan untuk dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang 
nantinya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Keinginan 
konsumen sangatlah beragam dan selalu berubah-ubah serta tak semuanya 
bisa terpenuhi. Kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi ini biasanya 
menjadi suatu keuntungan atau peluang bagi pembisnis yang perlu di 
manfaatkan.
Tugas manajer pemasaran bisa di tinjau 
dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu 
bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan untuk dapat menubah 
sumber daya menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan 
konsumen, tugasnya diantaranya seperti di bawah ini:
- Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen.
 - Mengembangkan suatu konsep produk atau barang yang ditujukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar.
 - Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan maupun merk.
 - Menetapkan harga supaya memperoleh Return on investment yang layak.
 - Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
 - Dan menciptakan komunikasi pemasaran yang baik, dengan memakai media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar