Selasa, 15 Desember 2015

cara melatih ketelitian

Tidak semua orang lahir dengan otak yang jenius, yang menurut banyak orang sebagai syarat untuk berprestasi. Itu tidak berarti bahwa kemampuan otak anda yang biasa saja tidak dapat berprestasi melebihi mereka yang cerdas dan jenius. Semua tergantung dari bagaimana anda memaksimalkan kemampuan kerja otak anda. Seperti halnya otot kita, semakin sering kita menggunakannya dan melatihnya, maka semakin besar dan kuat kemampuannya. Begitu juga dengan otak kita.

Jika anda ingin meningkatkan kemampuan otak anda yang meliputi kesadaran mental, peningkatan memori, dan peningkatan kewaspadaan, berikut adalah cara-cara mudah yang bisa anda lakukan :

Olahraga

Kita tahu olahraga baik untuk kesehatan tubuh kita. Tapi pernahkah kita berpikir bahwa olahraga juga baik untuk otak kita? Lebih dari 20% darah dan oksigen yang mengalir dalam tubuh kita, dialirkan langsung dari jantung menuju otak.

Olahraga, terutama latihan kardio (jantung), secara efektif akan meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu anda juga bisa mencoba Yoga, dimana banyak posisi-posisi Yoga yang khusus untuk mendapatkan aliran darah dari jantung ke otak lebih cepat, dengan posisi kepala lebih rendah dari posisi jantung.

Namun jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga atau dalam keadaan tergesa-gesa, hal sederhana seperti membuka jendela ruangan dan mendapatkan udara yang segar, sudah cukup untuk memberikan kesegaran pada otak anda.

Hidrat

Dalam keadaan yang melelahkan dan anda butuh minuman penyegar, sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein. Memang, kafein yang terdapat pada kopi maupun minuman bersoda, dalam waktu singkat mampu memberikan kesegaran pada otak anda. Tetapi dalam jangka waktu yang panjang, membuat anda merasa lebih lelah karena terjadi dehidrasi pada otot dan penyempitan pembuluh darah. Dalam jumlah yang besar, kafein akan memberikan masalah pada sistem pencernaan anda, karena kafein merangsang kontraksi pada usus.

Apa yang bisa menggantikan kafein sebagai penyegar? Air putih, merupakan cara yang sangat sederhana untuk menyegarkan otot dan otak anda. Selain mudah didapat, harganya juga sangat terjangkau.

Rangsang Panca Indera

Hukum alam mengatakan ada aksi maka ada reaksi. Otak kita memiliki 2 fungsi utama, yaitu sensorik dan motorik. Meningkatkan kemampuan otak bisa dilakukan dengan memberikan rangsangan pada indera kita. Seperti halnya ketika kita tiba-tiba merasa lapar setelah mencium bau masakan yang sedap, rangsangan yang diterima panca indera akan merangsang otak untuk beraktifitas.

Contoh lain, warna pink merupakan perangsang nafsu birahi pada sensor visual. Atau warna dekorasi ruangan kantor yang cerah mampu mengurangi rasa kebosanan dan kelelahan.

Aromaterapi secara efektif mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Begitu juga dengan musik yang bisa dinikmati ketika sedang santai.

Pada indera pengecap, permen papermint dipercaya bisa meningkatkan memori otak sehingga bisa menerima informasi secara efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar